Rektor Universitas Udayana Diduga Rugikan Negara Rp 443 M

,universitas udayana ,unud ,rektor unud ,rektor unud tersangka
Rektor Universitas Udayana Diduga Rugikan Negara Rp 443 M / detik

PORTALISLAM.CO.ID – Rektor Universitas Udayana (Unud) bernama I Nyoman Gde Antara telah ditetapkan sebagai tersangka dalam kasus dugaan korupsi terkait Sumbangan Pengembangan Institusi (SPI) mahasiswa baru. Menurut jaksa, kasus ini diduga telah menyebabkan kerugian keuangan sebesar Rp 443,9 miliar.

DetikBali melaporkan pada Senin (13/3/2023) bahwa kasus yang menjerat I Nyoman Gde Antara sedang diselidiki oleh Kejaksaan Tinggi (Kejati) Bali.

Kepala Seksi Penerangan Hukum Kejati Bali, Putu Eka Sabana, mengatakan bahwa I Nyoman Gde Antara merupakan tersangka keempat dalam kasus ini setelah tiga pejabat Unud yang bernama IKB, IMY, dan NPS menjadi tersangka terlebih dahulu.

“Penyidik menemukan keterlibatan tersangka baru sehingga penyidik Kejaksaan Tinggi Bali menetapkan 1 orang tersangka, yaitu Saudara Prof Dr INGA (I Nyoman Gde Antara),” ungkap Putu Eka kepada para wartawan.

Putu Eka menjelaskan bahwa keempat tersangka ini telah menyebabkan kerugian sebesar Rp 443,9 miliar. Kejati Bali juga menyatakan bahwa para tersangka awalnya meminta sejumlah uang dari mahasiswa baru Unud jalur mandiri mulai dari tahun akademik 2018/2019 hingga 2022/2023. Namun, kebijakan tersebut tidak memiliki dasar hukum yang jelas.

Para tersangka dalam kasus ini dijerat dengan Pasal 2 ayat 1, Pasal 3, dan Pasal 12 (e) juncto Pasal 18 UU Nomor 31 Tahun 1999 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi yang telah diubah dengan UU Nomor 20 Tahun 2001 juncto Pasal 55 ayat 1 ke satu KUHP.

Berita dan Artikel yang lain di Google News